Fakta Menarik Tentang Bitcoin

Apa itu bitcoin?

Menurut Wikipedia Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi .

Bitcoin kini menjadi mata uang digital paling populer di dunia internet, hampir seluruh pengguna internet di dunia tahu apa itu bitcoin. Melihat potensi kenaikan harga bitcoin yang semakin meningkat, kini hampir 200 juta orang pengguna bitcoin di dunia. Hingga hari ini harga 1 bitcoin mencapai 120 juta rupiah (sumber indodax.co.id).

Fungsi Bitcoin

Seperti halnya mata uang lainnya, Bitcoin sendiri bisa dipakai sebagai alat tukar jual beli yang sah. Namun tidak semua pedagang menerima bitcoin sebagai pembayaran, dikarenakan masih banyak yang awam akan bitcoin tersebut.

Selain sebagai alat pembayaran, kini bitcoin banyak digunakan untuk berinvestasi seperti halnya berinvestasi mata uang asing, emas atau properti. Dikarenakan sekarang ini bitcoin sudah tercatat sebagai saham di banyak exchanger, sehingga tidak sedikit pula pialang saham yang melakukan jual-beli bitcoin sebagai aset saham mereka.

Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin?

Ada beberapa cara jika kalian ingin mendapatkan bitcoin, diantaranya adalah sebagai berikut:



1. Jual-Beli Bitcoin

    Seperti yang saya katakan sebelumnya, bitcoin bisa dijual-belikan. Kita bisa membeli bitcoin pada pasar saham (exchange) dengan harga murah dan menjualnya ketika harganya lebih tinggi daripada harga beli. Menurut saya pribadi, bermain saham bitcoin lebih simple dan mudah dibandingkan dengan jual-beli saham lainnya. Kita tidak perlu dituntut untuk bisa analisa saham layaknya trader prpfessuonal. Bisa mengetahu kapan bisa beli dan kapan bisa jual bitcoin dengan untung itu sudah cukup buat kalian bisa bermain saham bitcoin.

    2. Menambang Bitcoin

    Mungkin sekarang sudah lumayan terlambat bagi kita orang awam yang ingin menambang bitcoin. Pasalnya, sekarang tingkat kesulitan bitcoin mencapai 5 triliun sehingga dibutuhkan alat khusus untuk menambangnya. Sederhananya menambang bitcoin bisa menggunakan komputer kita, terutama menggunakan CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit).  Namun karena tingkat kesulitan bitcoin yang sudah sangat tinggi, akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan 1 koin bitcoin.

    Orang-orang di luaran sengaja membuat dan menggunakan GPU yang mempunyai sfesifikasi khusus yaitu ASIC (Application-Specific Integrated Circuit) di dalamnya menjadi bitcoin miner. Kebanyakan GPU yang mereka gunakan bersfesifikasi tinggi, semakin tinggi spesifikasinya maka akan tinggu pula Hashrate (Hs) yang akan dihasilkan untuk menambang bitcoin. Maka dari itu orang-orang berlomba membuat dan memodifikasi GPU komputer mereka untuk menambang bitcoin.

    1. Jualan Online

    Dan mungkin pilihan terakhir adalah yang sangat mudah, namun juga butuh usaha yang sangat keras untuk melakukannya. Karena cara ini sebenarnya siapa pun bisa melakukannya. Ya, jual-beli barang online. Banyak sekali teman-teman kita yang mempunyai toko online dan tidak sedikit menerima pembayaran dengan bitcoin. Karena, dengan bitcoin kita lebih dipermudah masalah pembayaran terlebih lintas negara. Sebab salah satu keunggulan bitcoin adalah bisa digunakan dimanapun negaranya.

    Selain itu, banyak juga teman-teman yang berjualan online menganggap bahwa pembayaran menggunakan bitcoin adalah sebuah investasi. Karena jika harga barang yang mereka jual mereka sesuaikan dengan harga bitcoin saat itu, dan ketika harga bitcoin naik mereka akan senang menjualnya sehingga pendapatan mereka lebih untung.

    Mungkin demikian dari saya mengenai bitcoin, pada artikel yang akan datang saya akan membahas mengenai cara menambang bitcoin secara cloud (Cloud Mining).

    Sampai jumpa.

    %d bloggers like this: