Cara Menambang Bitcoin

Apa itu menambang Bitcoin?

Cara Menambang Bitcoin – Tentu saja istilah Bictoin sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Mata uang digital tersebut kini sudah menjadi alat pembayaran yang bisa dibilang sah di era digital sekarang ini. Buktinya Bitcoin sudah masuk pasar saham dan banyak pialang saham yang bermain (jual-beli) bitcoin sebagai investasi. Pada artikel sebelumnya Saya sudah membuat sedikit penjelasan mengenai Bitcoin pada artikel Fakta Menarik Tentang BitcoinDan kali ini Saya akan menjelaskan mengenai cara menambang bitcoin (Bitcoin Mining).

Seperti yang dijelaskan Wikipedia bahwa Menambang Bitcoin adalah Proses Penambahan Rekaman Transaksi Pada Jurnal Umum (Public Ledger) Transaksi Sebelumnya istilah tersebut juga disebut Hashing. Pada proses hashing inilah hasil hash transaksi sebelumnya diterjemahkan oleh CPU atau GPU komputer kita menjadi serpihan block bitcoin. Semakin cepat proses hashing, maka semakin cepat pula ditemukannya block bitcoin dan itulah tujuan kita yaitu mendapatkan bitcoin. Semakin berkembangnya teknologi bitcoin ini maka berkembang pula cara menambang bitcoin tersebut. Pada kali ini Saya akan membahas 2 (dua) cara menambang bitcoin yaitu sebagai berikut.



 Cara Menambang Bitcoin

1. Menambang dengan Hardware Komputer.

Sederhananya menambang bitcoin itu dengan komputer yang biasa kita gunakan. Yap benar, dengan komputer kita bisa melakukan proses hashing yang dilakukan oleh CPU atau pun GPU komputer kita. Namun untuk dikarenakan tingkat kesulitan bitcoin yang semakin hari semakin bertambah tinggi, sungguh mustahil jika hanya mengandalkan komputer harian yang biasa kita gunakan. Perlu hardware khusus yang diperlukan agar proses hashing lebih cepat lagi, contohnya adalah GPU.

Kini penambang bitcoin berlomba-lomba meningkatkan GPU komputer yang mereka miliki hanya untuk mengejar tingkat kesulitan menambang bitcoin. Karena siapa yang tidak tergiur dengan harga bitcoin saaat ini yang mencapai $ 8,151,00 atau sekitar 120 juta rupiah. Maka dari itu cara menambang yang satu ini bisa dibilang cukup mahal, bayangkan harga 1 unit GPU saja bisa mencapai puluhan juga. Dan banyak orang-orang di luar sana membeli banyak sekaligus GPU agar alat menambang bitcoin mereka lebih cepat.

2. Menambang dengan Cara Cloud (Cloud Mining)

Cara yang kedua ini mungkin masih bisa kita coba gunakan, yaitu dengan cara Cloud Mining. Sederhananya, sistem menambang ini adalah kita menyewa host mining ke jasa penyedia cloud mining seperti Genesis Mining, Hashflare dan lainnya. Jasa penyedia cloud mining yang barusan Saya sebut itu berbayar, artinya kita harus melakukan deposit terlebih dahulu ke akun cloud mining kita agar kita punya Hashrate untuk menambang bitcoin. Semakin banyak deposit, maka semakin besar pula Hashrate yang kita dapat tentu saja pendapatan hasil tambang juga lebih besar.

Selain itu banyak juga jasa cloud mining yang gratisan, dimana kita tidak perlu melakukan deposit terlebih dahulu contohnya Eobot, Coinpot dan lainnya. Hingga hari ini kedua cloud mining gratis tersebut masih bisa berfungsi dan menghasilkan bitcoin dan altcoin lainnya. Namun untuk mendapatkan 1 utuh bitcoin sangatlah mustahil jika dilakukan dengan cara cloud mining. Faktanya, orang-orang yang benar-benar melakukan menambang bitcoin dengan komputer mereka yang canggih masih belum bisa mengimbangi biaya listrik dan internet yang harus dibayar mereka bayar. Apalagi dengan cara cloud mining, butuh beberapa tahun agar bisa balik modal.

Bagi kalian yang penasarang ingin mencoba menambang bitcoin, sedikit tips dari saya yaitu mulailah dengan cloud mining, namun jika kalian merasa punya modal untuk lebih serius beli atau merakit sendiri alat penambang bitcoin dengan sebagus mungkin. Demikianlah pembahasan tentang cara menambang bitcoin dari Saya, jika ada pertanyaan ataupun saran silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

 

Salam,

R Awaludin

%d bloggers like this: